Menu Close

GALANG DANA Rp. 152,5 Juta, KECAMATAN BONANG SERAHKAN DANSOS GN-OTA TERTINGGI SE-KABUPATEN DEMAK

Bonang,Demak – Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) di Kabupaten Demak tahun 2019 berhasil menggalang dana sosial sebesar Rp 1 Miliar lebih. Pencapaian ini memposisikan Kabupaten Demak sebagai yang tertinggi se-Jawa Tengah. Sekaligus mempertahankan rekor partisipasi dari masyarakat Demak sebagai penyumbang Dana GN-OTA diatas Rp 1 Miliar selama dua tahun berturut-turut.

Rabu (20/11/2019) Dalam acara Kegiatan Penyaluran Dana Bantuan lembaga nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) Kabupaten Demak, Ketua LGN-OTA Provinsi Jawa Tengah Ibu Hj Ali Mufiz menyampaikan Apresiasi dan kebanggaannya kepada masyarakat Kota Wali atas tingginya kesadaran dan perhatiannya untuk berbagi dengan masyarakat kurang mampu, utamanya mendukung anak-anak dalam mendapatkan pendidikan. “Perolehan dana GN-OTA Kabupaten Demak yang tertinggi se Jawa Tengah, membuat saya merinding takjub. Saya kagum dan bangga melihat cerminan kedermawanan warga Demak. Tak heran dan sangat pantas bahwa kota Demak disebut Kota Wali karena sesuai dengan kepribadian dari warga Demak”. Ujar Ibu Hj Ali Mufiz dalam sambutannya di Pendopo kabupaten Demak.

Ibu Hj Ali Mufiz juga berterimakasih dan bangga mendapati para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak secara sukarela berpartisipasi menjadi orang tua asuh. Ketua LGN-OTA Kabupaten Demak Siti Zuarin menyampaikan perolehan dana GN-OTA Kabupaten Demak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Mulai tahun 2015 ebesar Rp 474 juta, kemudian tahun 2016 sebanyak Rp 593,7 juta,  tahun 2017 sebesar Rp 791,3 juta, tahun 2018 sebanyak Rp 1,19 miliar dan hingga November 2019 jumlahnya sebanyak 1,28 miliar.

Dana tersebut disalurkan untuk 6.496 anak asuh. Mereka terdiri atas 5.773 anak SD/MI dan 723 anak SMP/MTs. Di momen yang turut dihadiri Bupati Demak H.M Natsir, Ketua MUI Kabupaten Demak dan Asisten SETDA ini, Kecamatan Bonang mendapatkan apresiasi dan kebanggaan yang tinggi atas pencapaiannya sebagai penghimpun dana GN-OTA tertinggi se-kabupaten Demak yakni sebesar Rp 152,5 Juta.

Apresiasi tersebut langsung diberikan berupa penghargaan dari Bupati Demak kepada SEKCAM sekaligus Ketua FKK-OTA Bonang Bapak Zaenuri S.Sos, MH yang berhasil memberdayakan seluruh ASN dan masyarakat Kecamatan Bonang dalam penggalangan Dana GN-OTA.

Ibu Siti Zuarin berharap, penyaluran dana untuk anak asuh dapat memacu dan meningkatkan semangat masing-masing kecamatan dalam melakukan penggalangan. “Bantuan GN-OTA ini sekaligus bentuk motivasi kepada anak-anak tidak mampu agar mereka tidak putus sekolah dan mewujudkan mimpi generasi bangka meraih kesuksesan,” Tegasnya.

Bupati Demak H.M Natsir menjelaskan bahwa, keberadaan orang tua asuh sangat penting bagi masa depan generasi penerus bangsa. Beliau juga berpesan kepada siswa yang menerima bantuan tersebut agar semakin giat belajar dan memiliki cita-cita tinggi. “GN-OTA ini akan terus berjalan, setiap tahun melakukan penggalangan sukarela yang melibatkan ASN, BUMD maupun perusahaan swasta,” tutur H.M Natsir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *