Menu Close

Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Hasil Produk Perikanan.

Desa Purworejo Kecamatan Bonang, merupakan daerah pesisir yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Dalam penjualan hasil tangkapannya, kebanyakan masih dilakukan secara tradisional yakni langsung menjual hasil ikan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu. Melihat kondisi tersebut, Pemerintah kecamatan bonang memiliki inisiatif untuk melaksanakan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakan nelayan terutama di Desa Purworejo guna meningkatkan kesejahteraan dan daya saing penjualan hasil lautnya.

Kamis kemarin (3/10/2019), bertempat di aula desa purworejo Pemerintah kecamatan bonang bersama pemerintah desa purworejo bekerjasama melaksanakan Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) dan Pemasaran Hasil Produk Perikanan dengan tujuan memberikan wawasan kepada pelaku usaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengenai kemasan yang baik dan menarik untuk sebuah produk agar memiliki nilai jual yang lebih untuk dipasarkan. Pelatihan yang berlangsung dua hari (kamis – Jumat) ini mendatangkan Narasumber langsung dari Guru Besar LIPI.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam upaya peningkatan Wawasan Pelaku UKM mengenai pembuatan kemasan dan cara pemasaran yang baik, efektif dan efisien. Pada hari pertama pelatihan dibuka oleh Camat Bonang Bapak Haris Wahyudi Ridwan AP Msi. Beliau menyampaikan bahwa “ Desa purworejo merupakan daerah potensial penghasil ikan, udang dan cumi – cumi, namun pengolahan dan penjualan hasil laut ini masih belum maksimal. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan daya saing penjualan hasil laut desa purworejo. Sehingga kedepannya Desa Purworejo bisa swasembada  hasil laut, terlebih lagi dapat menjadi komoditas di kabupaten Demak”.

Guru Besar LIPI selaku Narasumber pelatihan menyampaikan bahwa, tujuan diberikannya pelatihan ini agar pelaku usaha dapat membuat kemasan yang memiliki daya tarik sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan menjadi semakin tinggi.

“Kami memberikan materi bedah kemasan Full Printing (pencetakan penuh) kemasan produk kering sampai dengan kemasan sterelisasi. Pada intinya kami ingin pelaku UKM dapat Move On (berpindah) dari kemasan yang standar menjadi kemasan yang menarik,”tuturnya.

Usai memberikan materi kegiatan, pelatihan hari kedua dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan packing atau pembuatan kemasan dan cara penjualan yang efektif dan efisien. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekcam Bonang Bapak Zaenuri S.Sos, MH dan diikuti oleh puluhan peserta pelatihan yang merupakan Pelaku Usaha UKM di Kecamatan Bonang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *