Jl. Raya Demak - Moro KM 12 Bonang 59552 kecbonang@demakkab.go.id 0291 - 6908020

Bupati Launching Dashboard Demak Smart City

DEMAK – Dalam pasal 28 Undag-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk berkomuikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. Serta berhak mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi menggunakan berbagai jenis saluran yang tersedia. Artinya, wajib bagi setiap badan publik untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara akurat dan benar.

Mengingat urgensi dari hal tersebut maka perlu adanya data dari tiap OPD yang selanjutnya data tersebut diintegrasikan dalam dashboard smart city. Sehingga pemohoninformasi publik mendapatkan kemudahan untuk memperoleh informasi yang diinginkan dengan membuka website demakkab.go.id.

Demikian disampaikan Bupati Demak HM. Natsir dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Kerjasama Antar OPD, Sosialisasi dan Launching Dashboard Integrasi Demak Smart City, bertempat  di Gedung Bina Praja Kamis (19/10). Hadir Pula pada acara tersebut Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes., Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan INformatika Kota Semarang dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak

“Salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Demak adalah membangun kota cerdas berbasis IT. Hal tersebut merupakan konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya dengan efisiensi dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya” lanjut Bupati.

Bupati berharap di tahun 2018 nanti smart city sudah diimplementaikan sepenuhnya, mengingat pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo menargetkan 100 kabupaten / kota telah mengimplementasikan smart city di tahun 2019. Untuk itu perlu dukungan penuh pelaksanaan smart city dari semua pihak khusunya tiap pimpinan OPD. “Wajib hukumnya kepada pimpinan OPD untuk melek teknologi” tegas Bupati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama integrasi data antar OPD. Pada kesempatan itu penandatanganan dilakukan oleh enam pimpinan OPD yaitu : Dindukcapil, DinPMPTSP, BKPP, BPKPAD, Bappeda Litbang dan Dinkominfo. Bupati juga berkenan menekan tambol mouse untuk mengaktifkan dashboard Demak Smart City.

Pada kesempatan yang sama dipaparkan pula road map pembangunan Demak smart city oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Demak Drs. Daryanto, MM. menurutnya Pememerintah Demak memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan publik. Langkah tersebut didukung dengan kemudahan akses informasi dari berbagai hal di Kota Wali. (media center)